Unas Gelar Festival Film Pelajar dan Mahasiswa 2022

Diikuti Ratusan Peserta dari Berbagai Sekolah Dan Kampus

0 189

Ratusan Pelajar dan Mahasiswa dari sejumlah provinsi di Indonesia mengikuti perhelatan Festival Film Pelajar dan Mahasiswa 2022 yang digelar oleh Universitas Nasional. Kegiatan ini dalam rangka Dies Natalis kampus UNAS ke 73 tahun dan memperingati Hari Guru.

Dalam festival ini, SMAN 68 Jakarta dan Universitas Trisakti memperoleh piala sebagai Karya Film Terbaik.

Kepala Lab Fotografi Ilmu Komunikasi FISIP UNAS, Umar Fauzi Bahanan menyatakan bahwa pihaknya telah mengundang sejumlah sekolah dan kampus yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, NTT, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat.

“Kami undang sejumlah sekolah dan kampus dari berbagai provinsi, Alhamdulillah kita dapat ratusan film, dan 23 diantaranya masuk nominasi”, ujar Umar di sela-sela kegiatan Festival Film.

Pelajar dan Mahasiswa dari sejumlah sekolah dan kampus ini akan memperebutkan 13 kategori lomba, diantaranya Karya Film Pelajar Terbaik, Karya Film Mahasiswa Terbaik, Sutradara Terbaik, Ide dan Sekenario Terbaik, Aktris Utama Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Aktor Utama Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Artistik dan Properti Terbaik, Sinematografi dan Pencahayaan Terbaik, Animasi Editing dan Spesial Efek Terbaik, Kostum dan Make Up Terbaik, dan Karya Film Terfavorit.

Hasil penilaian Juri yang merupakan sejumlah dosen dari sejumlah kampus, khususnya dosen pengampuh mata kuliah Videografi, Fotografi, Produksi Siaran TV, Editing Audio Visual, memutuskan SMAN 68 Jakarta dengan judul film VIRAL dan Universitas Trisakti dengan judul film MANIFESTO berhak memperoleh dan dinobatkan sebagai karya film terbaik.

“Para pemenang ini, karya film-nya bagus sekali, sudah seperti nonton film bioskop, karyanya bisa dikatakan sekaliber Joko Anwar dan Hanung Bramantyo,” tambah Umar yang juga merupakan dosen videografi di kampus UNAS.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNAS, Adi Prakosa, juga mengapresiasi karya-karya film yang telah diproduksi oleh sejumlah sekolah dan kampus diantaranya dari SMAN 68 Jakarta, SMKN 3 Tangsel Banten, SMK Atlantis Plus Depok Jawa Barat, SMKN 2 Cibinong Bogor Jawa Barat, SMAN 1 Kendari Sulawesi Tenggara, SMK Muhamadiyah Aimas Sorong Papua Barat, Universitas Trisakti Jakarta, Universitas Satya Negara Indonesia Bekasi Jawa Barat, dan Universitas Nasional sendiri.

“Kegiatan ini dibuat untuk mengasah kreatifitas pelajar dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan SDM di Indonesia dan kualitas perfilman tanah air”, pungkas Adi Prakosa, selaku pimpinan Prodi dengan jumlah mahasiswa terbanyak di kampus UNAS.

Kegiatan ini sendiri telah berlangsung sejak tahun 2019 dengan tajuk Fest FUN yang merupakan akronim dari Festival Film Universitas Nasional, dimana pesertanya terdiri dari Mahasiswa dan Pelajar.

Namun pada saat pandemi 2020, lomba ini hanya diikuti mahasiswa saja dengan menggandeng Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi ASPIKOM. Sementara pada tahun 2021 digelar hanya untuk Pelajar saja. Baru pada tahun 2022 ini, kembali digelar untuk Pelajar dan Mahasiswa. Rencananya pada tahun 2023 mendatang akan diselenggarakan secara Internasional.(*)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.